Kemilau Kampung Pelangi yang Jadi Pusat Perhatian Dunia

0
517
Kampung Pelangi (genpi_id/Instagram)

SEMARANG, TRAVELCUY.com : Kampung pelangi yang berada di Semarang, Jawa Tengah kini jadi pusat perhatian dunia. Betapa tidak, kampung yang dahulunya kumuh itu, kini berubah rupa menjadi ‘Kampung Pelangi’ dengan rumah warna-warninya.

Kampung Pelangi yang terletak di Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan ini beberapa bulan yang lalu adalah kampung kumuh yang tak tertata dengan rimbunan tanaman liar dan tembok-tembok merah tak berplester. Namun beberapa pekan terakhir, kampung ini disulap menjadi destinasi wisata yang instagrammable abis.

‘Before – After’ Kampung Pelangi di Kota Semarang (web)

Lihat saja perpaduan warna setiap rumah dan tema setiap gang nya, menjadikan kampung ini tampak seperti perpaduan warna pelangi.

Warna-warni tangga seperti pelangi bikin para pengunjung antusias berlomba-lomba datang untuk berfoto dan dibagikan di media sosial masing-masing.

Tak hanya tangga saja yang menarik mata siapa saja yang datang, namun dinding dan atap rumah warganya pun dicat dengan warna berbeda. Obyek wisata yang ramai dikunjungi sejak akhir tahun 2017 ini pun cepat ngehits dan jadi pemberitaan di media sosial.

Kampung Pelangi jadi destinasi wisata yang instagrammable abis (web)
Wisata selfie terbaru di kampung pelangi semarang (web)

Menjadi Perhatian Dunia

Kampung Pelangi Semarang kini jadi pembicaraan oleh banyak orang karena keindahan warna warni kampungnya. Tak cuma media lokal, bahkan media asing pun ramai-ramai memberitakan kampung pelangi ini.

Ini tentu bukanlah kampung bercat warna-warni pertama di Indonesia. Sejumlah daerah seperti Malang, Balikpapan, dan Lubuklinggau juga memiliki konsep kampung tematik yang serupa.

Tapi foto-foto yang banyak diunggah di media sosial, membuat kampung pelangi di Semarang ini ramai dibicarakan media asing. Sebut saja media Inggris, The Independent dan Mirror hingga situs konten media sosial seperti BuzzFeed dan BoredPanda.

Kampung Pelangi (web)

Proyek Pemerintah Kota Semarang

Proyek ini bermula dari rencana perbaikan Pasar Bunga Kalisari yang diinisiasi pemerintah kota pada tahun 2017 lalu. Pasar bunga yang berada persis di depannya itu diharapkan menjadi destinasi wisata baru dengan renovasi sekitar Rp9,6 milyar.

“(Tapi) setelah perbaikan itu selesai pada Desember lalu, kita lihat keindahan pasar tidak didukung oleh perkampungan di belakangnya yang merupakan kawasan kumuh,” kata Wali kota Semarang Hendrar Prihadi kepada BBC.

Dari situlah muncul ide untuk melakukan renovasi kampung dengan proyeksi anggaran sekitar Rp3 milyar. Namun proyek ini tidak bisa didukung oleh anggaran pemerintah karena tidak semua rumah di sana tergolong miskin, sehingga pendanaan akhirnya dikumpulkan dari sumbangan, dana CSR perusahaan, hingga uang pribadi.

Wali kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan bahwa perbaikan di Kampung Pelangi ini diharapkan tak hanya sekedar luarnya saja. “Kami ingin mengubah sebuah wilayah yang terlihat kumuh dan sebagian warganya hidup di bawah garis kemiskinan, bisa menjadi perkampungan yang nyaman ditinggali dihuni dan kesejahteraan mereka menjadi lebih baik.”

“Harapannya ini bisa menjadi role model pengentasan kampung miskin yang lain di Semarang,” pungkasnya.

(Vetra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.