Jejak Telusur – Kota Verona di Italia

0
251
Piazza delle Erbe, Verona (publik domain)

ITALIA, TRAVELCUY.com – Verona merupakan sebuah kota kecil di timur laut Italia. Kota ini hanya sekitar satu jam sepuluh menit ditempuh memakai kereta api dari Venesia. Pamornya sebagai tujuan wisata memang tak secemerlang Venesia dan Milan. Namun jika ditelaah lebih jauh, kota berpenduduk lebih dari 800 ribu jiwa ini tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi.

Apalagi jika dilihat dari sejarah sastra, Verona menyimpan cerita yang tak lekang ditelan zaman. Verona terkait erat dengan kisah romansa paling terkenal sepanjang sejarah yang ditulis sastrawan Inggris di abad ke-17, William Shakespeare, yaitu Romeo and Juliet. Kisah cinta paling romantis tersebut berlatar belakang kota Verona sebagai tempat kejadian. Hingga kini kisah cinta sehidup semati Romeo Montague dan Juliet Capulet sangat melekat dengan Verona.

Selain yang berkaitan erat dengan kisah Romeo and Juliet, masih banyak tempat indah lainnya di kota yang juga dijuluki Little Roma ini. Mau tahu ada keindahan apa saja di kota cinta ini? Berikut telusurannya :

1. Casa De Giulietta, Atau House Of Juliet

Daya tarik utama dari kota Verona tentu saja yang berkaitan dengan kisah Romeo and Juliet. Di kota ini terdapat sebuah rumah yang menurut cerita penduduk setempat merupakan rumah miliki Juliet, tepatnya di Via Capello. Penduduk setempat menamai rumah dengan balkon dan taman kecil itu dengan sebutan Casa de Giulietta. Tentu saja rumah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Verona.

Casa De Giulietta, Verona (publik domain)

Selain balkon dan taman kecil, di halaman Casa de Giulietta berdiri sebuah patung perunggu yang konon penggambaran sosok Juliet. Bukan hanya menjadi bumbu pelengkap kisah romantis Romeo and Juliet, sebagian orang mempercayai dengan mengunjungi tempat tersebut akan mendapat keberuntungan dalam masalah percintaan. Salah satunya harus mengusap payudara kiri patung Juliet.

Di sepanjang lorong menuju Casa De Giulietta, dinding di kiri dan kanannya penuh dengan tempelan surat atau puisi cinta yang ditulis para pengunjung. Bahkan terdapat box telepon untuk mendengarkan kisah Romeo and Juliet dalam berbagai bahasa. Dan kini, rumah tersebut dijadikan museum yang di dalamnya terdapat koleksi lukisan, kostum Romeo and Juliet, serta bisa berfoto dan merasakan bagaimana saat berada di balkon rumah tersebut. Setiap akhir pekan, Casa de Giulietta tak pernah sepi dari pengunjung. Baik warga lokal, Verona, italia atau dari berbagai penjuru dunia.

2. The Arena

Keindahan Verona lainnya tergambar dari kokohnya Monumen The Arena, yaitu tempat pertunjukkan yang dibangun di abad 1 masehi. The Arena atau yang biasa disebut Amphi Theatre, masih megah berdiri dan secara rutin menggelar pertunjukan dan konser opera di musim panas. Bentuk bangunan The Arena menandakan ciri khas Roma, karena memang berdiri pada masa kekaisaran Roma.

The Arena, Verona (Alchetron)

Kompleks ini juga tempat berkumpulnya penduduk Verona yang biasa disebut veronesse saat merayakan tahun baru, dan perayaan hari besar lainnya. Ada kebiasaan unik yang digelar para veronesse setahun sekali, yaitu setiap menjelang natal. Pemerintah kota memasang hiasan bintang jatuh yang menjulang dari dalam arena, mencuat ke luar dan jatuh di pelatarannya. Sedangkan setiap malam tahun baru diadakan malam kesenian, pesta kembang api, pertunjukkan para seniman jalanan dengan pakaian khas Roma.

Berbagai pertunjukkan memang digelar di tempat ini. Bahkan saat pertama dibangun, The Arena juga tersohor sebagai tempat digelarnya adu kuat para Gladiator dan pertunjukkan sirkus. Bahkan pada zaman Napoleon Bonaparte yang sempat menduduki Verona, Arena dijadikan tempat pertunjukkan berburu sapi jantan oleh anjing-anjing terlatih. Dan kini, pertunjukan teater dan musik klasik sering digelar di monumen bersejarah tersebut.

3.  Corso Porta Borsari

Bagi yang menyukai wisata belanja, Verona punya pusat perbelanjaan yang sangat unik. Jika Milan menghadirkan pusat perbelanjaan dengan konsep metropolitan, Verona memiliki konsep lain dari yang lain. Pusat perbelanjaan di Corso Porta Borsari ini misalnya. Berbelanja disini kamu bisa menyaksikan pemandangan arsitektur kuno peninggalan masa Romawi yang berdiri megah. Pemandangan tersebut bisa dengan leluasa dilihat di balik jendela gerai-gerai pertokoan yang kita singgahi.

Bangunan sisa-sisa masa kejayaan Romawi dan relief dari abad pertengahan membawa kesan alami, namun mewah. Saat memasuki kawasan ini, wisatawan akan memasuki gerbang dengan pintu kembar yang dibuat oleh Kaisar Gallienus pada tahun 265 masehi. Sebenarnya gerbang ini sudah mengalami restorasi dari pintu sebelumnya yang berdiri pada abad pertama sebelum masehi.

Corso Porta Borsari (publik domain)

Bukan hanya gerbang yang menggambarkan pusat perbelanjaan ini sudah ada sejak abad pertengahan, adapun jalan dan gedung yang sebagian dipergunakan pertokoan, cafe, restoran dan rumah tinggal, sebagian besar masih merupakan bangunan lama, khas romawi, dan Italia klasik.

4. Tempat Wisata di Verona

Saat berada di Verona rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi bangunan peninggalan masa Romawi berkuasa, karena bangunan tersebut merupakan sisa sejarah yang membuat Verona menjadi terasa lebih indah. Kastil Scaligeri adalah salah satunya.

Mendatangi kastil ini bukan hanya akan menikmati keindahan arsitektur khas Romawi, tapi menikmati keindahan alam, lantaran Scaligeri berdiri persis di puncak bukit. Bangunan megah ini dikelilingi benteng, serta taman dan rimbun pepohonan yang menghiasi pelatarannya. Bagi wisatawan, mengambil dokumentasi di kastil dari abad ke-14 ini menjadi kegiatan yang sangat difavoritkan.

Kastil Scaligeri, Verona (wikimedia)

Kita juga bisa mendatangi Castelvecchio. Kastil yang satu ini terletak di sisi sungai Aldige. Yang paling unik dari tempat ini adalah keberadaan jembatan yang melintasi sungai, seakan kita tengah berada di negeri dongeng. Kastil dengan material bata merah dari abad ke-14 ini dijadikan City Art Museum yang di isi patung, lukisan dan berbagai karya seni khas abad pertengahan.

Castelvecchio, Verona (flickr)

Jika kita bosan dengan kastil, dan memilih peninggalan romawi dalam bentuk lainnya, bisa mendatangi Piazza Delle Erbe. Tempat ini merupakan area dengan arsitektur tata kota khas Romawi. Selain arsitektur dan tata kota bergaya Renaisance, terdapat pula menara Gardeillo yang dibangun pada abad ke-14 masehi, air mancur Britney Verona yang cantik menghiasi areal tersebut.

Beberapa tempat lainnya seperti Giardino Giusti, Katedral Verona, San Giorgi, Basilica of ST Zeno, juga merupakan beberapa kawasan yang kental dengan nuansa romawi dan selalu ramai dikunjungi saat liburan tiba.

5. Kota Banjir

Dibalik segala keindahannya, ternyata Verona juga memiliki latar belakang yang kurang bagus dalam masalah tata kota. Verona penting secara historis dan ekonomis karena lokasi geografisnya yang berada di lengkungan sungai Adige, dekat danau Garda. Tapi karena posisi itu pula lah, Verona menjadi kota langganan banjir sejak zaman dulu.

Danau Garda, Verona (publik domain)

Bahkan kondisi sebagai kota langganan banjir bertahan hingga tahun 1956. Setelah saluran mori-torbole dibangun, penanganan banjir mulai bisa teratasi, karena saluran tersebut bisa menampung 500 meter kubik air dari sungai Adige, untuk disalurkan ke danau Garda. Dan hasilnya cukup memuaskan, yang asalnya rutin terkena banjir setiap musim hujan, menjadi hanya 70 tahun sekali. Bahkan ketika danau Garda berfungsi dengan baik, bencana banjir hanya berlangsung 2 abad sekali.

Kini di kawasan danau Garda menjadi pusat perayaan setiap menjelang natal, dan tahun baru. Berbagai pesta dan festival juga sering digelar di tempat tersebut tanpa takut terkena banjir lagi.

(Vetra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.