Ciamis Menjadi Daerah Budaya, DKKC Siap Dikukuhkan

0
75

CIAMIS, TRAVELCUY.COM: Melaksanakan amanah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan, Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis (DKKC) akan segera dikukuhkan.

Dewan kebudayaan  sebuah bentuk organisasi yang beranggotakan kelompok maupun individual terdiri dari berbagai komunitas budaya diantaranya unsur pemerintah praktisi budaya budayawan seniman pemangku adat juru pelihara akademisi dan pemerhati seni budaya di Kabupaten Ciamis

Ketua DKKC Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si memiliki tujuan dibentuknya dewan kebudayaan adalah untuk meningkatkan ketahanan dan kontribusi budaya melalui, perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan, mendukung serta mendorong pembangunan sumber daya manusia yang berkarakter. Selain itu membantu peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

“Insya Allah pada 17 Juli mendatang, kami DKKC akan dikukuhkan Oleh Bupati Ciamis, dalam acara yang disatukan dengan momen Galuh Ethnic Carnival,” terang dia, Kamis (12/07).

Menurut Yat Rospia DKKC sendiri dibentuk atas dasar inisiasi dari para budayawan, seniman dan banyak unsur dan pemerhati budaya di Kabupaten Ciamis.

“Banyak Potensi Budaya Ciamis yang masih tersimpan. Potensi budaya yang ada di wilayah ini kita rangkai dalam 11 unsur, kami merasakan Ciamis betul-betul terlihat aura kerajaan Galuh. Dan mimpi kami Ciamis bisa menjadi Galuh Centris,” pungkasnya. (Asep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.