7 Tips Penting Hadapi Gempa Saat Berwisata

0
245
Ilustrasi (web)

BANDUNG, TRAVELCUY.com: Gempa yang terjadi hari ini di Bandung dan kota sekitarnya mengagetkan semua orang. Selasa (22/1/2018) baru saja terjadi gempa besar 6,4 SR yang berpusat di Lebak, Banten dan dirasakan di Bandung serta kota sekitarnya.

Bencana alam memang tak bisa dihindari, melainkan mesti kita hadapi. Terlebih Indonesia merupakan bagian dari cincin api Pasifik serta pertemuan lempeng bumi, sehingga para traveler wajib selalu waspada akan hal tersebut.

Nah, bagi para traveler yang sedang di wilayah gempa saat sedang berada di suatu destinasi, perhatikan beberapa tips menghadapi gempa yang telah TravelCuy himpun dari berbagai sumber berikut ini :

1. Tetap tenang

Meskipun gempa sedang berlangsung, kondisikan fisik dan mental agar tetap tenang. Ini akan membantu proses evakuasi nantinya.

2. Berlindung di dalam ruangan

Jika sedang berada di dalam ruangan, berlindunglah di bawah meja atau benda berat agar tidak tertimpa reruntuhan yang jatuh menimpa badan. Jika kamu berada di dalam gedung, lebih baik tinggal dulu di sana untuk sementara sampai guncangan berhenti. Jangan keluar ruangan, jangan dekat pintu karena antisipasi dari benda yang berjatuhan.

3. Hindari lift, pakai tangga darurat

Jika traveler sedang ada di dalam gedung, jangan menggunakan lift. Lift bisa sewaktu-waktu mati di tengah jalan. Gunakanlah tangga darurat saat situasi seperti ini.

4. Cari tempat lapang dan jauhi gedung

Pergilah ke lapangan terbuka dan jauhi dari gedung. Berkumpulah di tempat evakuasi jika sedang bersama rombongan traveler lain.

5. Jangan bawa benda mudah terbakar

Sebisa mungkin, jangan bawa benda mudah terbakar. Seperti korek api, gas, lilin, atau benda yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan percikan api.

6. Jangan berkendara

Jika sedang road trip di destinasi dengan mobil kendaraan lainnya. Turun dan tinggalkan kendaraan serta carilah tempat yang luas dan lapang.

7. Jauhi pantai

Jika traveler sedang berada di pantai, segera menjauh dari bibir pantai untuk menghindari risiko tsunami. Segera cari tempat yang lebih tinggi sebagai langkah perlindungan.

(Vetra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.